Menjaga Kesehatan Kulit dengan Jeruk Nipis

Goapotik
Publish Date • 08/10/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Menjaga Kesehatan Kulit dengan Jeruk Nipis

Salah satu jenis jeruk yang sering ditemukan di Indonesia adalah Jeruk Nipis. Pasalnya, jeruk ini sering dimanfaatkan untuk penambah rasa pada masakan nusantara. Selain itu jeruk ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk kesehatan kulit. Sebab, banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit terkandung di jeruk nipis. Beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit adalah:


  1. Mencerahkan kulit

Asam yang terdapat pada jeruk nipis dapat mencerahkan kulit. Selain itu juga dapat mengurangi titik hitam pada kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.


  1. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Jeruk nipis peras mengandung air dan minyak natural yang dapat membantu kulit untuk tetap terhidrasi dan melembabkan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dijadikan salah satu bahan untuk masker kulit.


  1. Sebagai antioksidan

Kulit kita juga dapat terkontaminasi oleh polusi. Dalam hal ini, antioksidan pada jeruk nipis dapat melindungi kulit dari zat oksidatif dan polusi yang dapat mempercepat penuaan kulit. Flavonoids dan limonoids adalah dua diantara antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis.


  1. Menjaga kandungan minyak pada kulit

Sebagian orang memiliki kandungan minyak yang cukup banyak pada kulitnya. Dalam hal ini, jeruk nipis dapat menjadi solusi karena memiliki astringent yang dapat mengendalikan minyak pada kulit.


  1. Meringankan kulit yang terbakar

Jeruk nipis juga bermanfaat dalam meringankan kulit yang terbakar. Biasanya jeruk nipis dicampur gel aloe vera dapat membantu penyembuhan kulit yang terbakar.


  1. Membantu pembentukan kolagen

Vitamin C juga banyak terdapat dalam jeruk nipis. Hal ini membuat jeruk nipis dapat membantu dalam pembentukan kolagen. Pada kulit, kolagen bermanfaat dalam menjaga keelastisan dan kekuatan kulit.


Beberapa manfaat tersebut bisa Sowbat dapatkan dengan jeruk nipis. Jika Sowbat memiliki keluhan pada kesehatan kulit maupun tubuh, segera cari penanganan ahli.


Yuk #SehatBarengGoApotik