Makanan Sehat Dapat Menjaga Kemampuan Otak, Benarkah?

Goapotik
Publish Date • 04/27/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Makanan Sehat Dapat Menjaga Kemampuan Otak, Benarkah?

Sebagai makhluk hidup, manusia membutuhkan makanan agar tetap hidup. Karena itu, manusia membutuhkan makanan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan gizi. Makanan yang dikonsumsi juga sebaiknya adalah yang bergizi baik dan seimbang yang biasa disebut dengan makanan sehat.


Makanan sehat dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya secara fisik, makanan sehat juga dapat mempengaruhi otak. Pasalnya, makanan sehat dapat menjaga fungsi otak sehingga tetap bekerja maksimal.


Bicara soal makanan sehat, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjaga fungsi otak:


  1. Kacang-Kacangan

Memiliki sangat banyak manfaat, kacang-kacangan dapat membantu menjaga fungsi otak. Terutama kacang-kacangan yang mengandung Omega-3 seperti kacang merah. Kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang baik untuk tubuh.


Peran kacang dalam menjaga fungsi otak adalah memberikan energi lebih lama yang dapat membantu kemampuan otak untuk bekerja secara optimal.


  1. Buah Beri

Raspberry, Blackberry, Stroberi, Blueberry adalah beberapa contoh buah beri. Buah beri mengandung banyak vitamin, utamanya vitamin C yang memiliki peran penting dalam mencegah kanker.


Buah Beri dapat membantu menjaga kinerja otak karena mengandung polifenol yang diketahui bermanfaat untuk otak. Polifenol dapat membuat komunikasi antar sel otak menjadi lebih baik.


Produk Suplemen Otak


  1. Ikan

        Seperti yang kita ketahui, Omega-3 dapat membantu menjaga fungsi otak. Ikan juga memiliki banyak kandungan Omega-3 yang diperlukan dalam pembentukan neuron pada otak.


        Tuna, Salmon, Ikan Kembung, dan Sarden adalah contoh jenis ikan yang mengandung banyak Omega-3. Bahkan mengkonsumsi ikan-ikanan diketahui dapat meminimalisir risiko dari penyakit Alzheimer.


  1. Sayuran Hijau

Kita sama-sama mengetahui bahwa sayuran adalah salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya sayur banyak mengandung vitamin, mineral, dan memiliki serat yang tinggi.


Diketahui bahwa sayuran hijau mengandung banyak asam folat yang dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan asam folat dalam mengurangi peradangan pada otak dengan cara melancarkan peredaran darah ke otak. Tidak hanya itu, kandungan lain seperti vitamin C juga menjadi nutrisi yang baik bagi otak.



Kesimpulannya, makanan sehat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan secara fisik, tapi juga pikiran. Pasalnya banyak manfaat yang didapat oleh otak dari mengonsumsi makanan yang sehat. Karena itu, mari kita menjaga kesehatan otak kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengurangi makanan yang kurang bermanfaat.


Jika sowbat memerlukan produk kesehatan, sowbat dapat mendapatkannya di GoApotik! Dari mulai tebus obat resep hingga produk kecantikan ada di sini.


Sumber:

https://newsnetwork.mayoclinic.org/