Melawan Pikun! Lebih dekat dengan Alzheimer

Goapotik
Publish Date • 12/31/2020
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Melawan Pikun! Lebih dekat dengan Alzheimer

Alzheimer mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun tahukah Sowbat ternyata di US penyakit ini masuk dalam daftar 10 penyebab kematian tertinggi yang belum memiliki metode pencegahan atau penghambatannya. Penelitian untuk pengembangan vaksin terus dilakukan, namun hingga saat ini belum memberikan hasil yang signifikan. Pengobatan yang diberikan pada penderita umumnya hanya membantu untuk meringankan gejalanya saja. 


Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak menyebabkan gangguan pada ingatan, kemampuan berfikir dan berperilaku. Penyakit ini dinamakan berdasarkan orang yang pertama kali mengidentifikasinya, yaitu Dr. Alois Alzheimer di tahun 1907.  Dr Alzheimer yang sedang meneliti otak pasiennya menemukan bahwa bagian luar otak yang berperan dalam ingatan, kemampuan berbahasa dan memberikan keputusan mengalami penyusutan. Penyusutan ukuran otak ini disebabkan oleh kematian sel penyusunnya. 


Penyebab Alzheimer

Belum diketahui dengan pasti penyebab dari penyakit Alzheimer ini. Ilmuwan berpendapat bahwa penyakit ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor antara lain genetik, lingkungan dan gaya hidup


Gejala Penderita Alzheimer

Penyakit Alzheimer umumnya mulai menunjukan gejala di usia 65 tahun, beberapa gejala umum yang perlu sobat ketahui antara lain : 

1. Kesulitan untuk mengingat, terutama kejadian yang baru dialami

2. Kehilangan kemampuan untuk berbicara

3. Membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan kegiatan rutin 

4. Ketidakmampuan untuk memproses pertanyaan atau melakukan instruksi

5. Penurunan kemampuan sosial 

6. Secara emosi tidak stabil dan mudah mengalami mood swing


Diagnosis Alzheimer

Tahukah sobat, hingga saat ini belum ada tes tunggal yang dapat mendiagnosis penyakit ini. Diagnosis yang dibuat oleh dokter selama ini, hanya berdasarkan identifikasi gejala klinis yang dialami oleh penderita. Diagnosis klinis ini dapat terdiri dari : 

1. Catatan medis penderita

2. Pemeriksaan fisik 

3. Pemeriksaan kemampuan intelektual 

4. Pemeriksaan Psikiatri 

5. Tes Urine dan darah 

6. Magnetic Resonance Imaging (MRI) 


Pengobatan Alzheimer 

Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Alzheimer, pengobatan yang dilakukan berfungsi hanya untuk mengurangi gejala dan perkembangan. Pengobatan Alzheimer dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan seperti Rivastigmine dan psikoterapi untuk menstimulasi dan merelaksasi pasien. 


Pencegahan Alzheimer 

Meskipun penyakit Alzheimer ini umumnya menyerang usia 65 tahun keatas, beberapa pencegahannya bisa Sobat lakukan sejak dini loh, antara lain : 

1. Berhenti merokok 

2. Menjaga berat badan tetap ideal 

3. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang 

4. Rutin berolahraga

Selain pengobatan dan perawatan secara medis jangan lupakan perawatan dan support dari keluarga terdekat ya Sowbat


Referensi

Official Websites:

Alodokter, Dementia.org, Healthline