Manfaat Kuaci Labu Bagi Kesehatan

Goapotik
Publish Date • 08/24/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Manfaat Kuaci Labu Bagi Kesehatan

Makanan cemilan identik dengan gizi yang tidak baik bagi tubuh. Sebab, kebanyakan makanan cemilan tidak mengandung zat-zat yang dapat membantu kesehatan tubuh.


Berbeda dengan kuaci labu, atau yang sering disebut biji labu panggang, cemilan ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.


Beberapa manfaat kuaci labu bagi kesehatan adalah:


  1. Sumber nutrisi

Banyak nutrisi penting yang terdapat dalam kuaci labu. Beberapa diantaranya adalah Vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6), Vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, zinc, dan magnesium. Selain itu, kuaci labu juga memiliki protein dan lemak sehat.


  1. Sumber antioksidan

Vitamin E, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, adalah salah satu antioksidan yang ada pada kuaci labu. Karena itu, kuaci labu menjadi salah satu sumber antioksidan.


  1. Kesehatan jantung

Kuaci labu memiliki omega-3 dan asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak sehat. Hal tersebut memungkinkan kuaci labu mengurangi peradangan dan resiko masalah kardiovaskular sehingga mendukung kesehatan jantung.


  1. Kesehatan saluran pencernaan

Kuaci labu memiliki serat yang dapat memperlancar pergerakan usus, dan mencegah sembelit. Dengan itu, kesehatan saluran pencernaan menjadi lebih baik.


  1. Kesehatan prostat

Fitosterol yang terdapat pada kuaci labu memiliki dampak baik bagi kesehatan prostat. Zat tersebut dapat membantu mengurangi pembesaran pada prostat dan meredakan gejala terkait.


  1. Manajemen berat badan

Kuaci labu memiliki serat dan protein sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama ketika dikonsumsi. Dengan porsi yang tepat, kuaci labu dapat mendukung manajemen berat badan ideal.


  1. Peningkatan energi

Kandungan lemak sehat, protein dan serat pada kuaci labu dapat memberikan energi yang tahan lama. Konsumsi kuaci labu di antara waktu makan sebagai cemilan menjadi pilihan yang baik karena dapat memberikan energi.


Namun di samping manfaatnya bagi kesehatan di atas, kuaci labu memiliki kandungan kalori yang tinggi. Karena itu, sebaiknya kuaci labu dikonsumsi dalam jumlah wajar.


Yuk #SehatBarengGoApotik