Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Goapotik
Publish Date • 10/03/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi bagi tubuh kita. Dari berbagai banyak macam makanan bergizi, beberapa mengandung zat tertentu yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.


Beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata:


  1. Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 terutama ikan yang berminyak. Ikan yang berminyak adalah ikan yang di jaringan tubuhnya memiliki kandungan minyak seperti tuna, makarel, dan sarden. Beberapa studi menemukan bahwa ikan berminyak dapat menghindari mata kering, misalnya mata kering karena terlalu lama menatap layar komputer.


  1. Kacang-kacangan

Sama seperti ikan, kacang-kacangan seperti kacang tanah, walnut, dan kacang mede, juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat memperlambat penuaan pada mata.


  1. Jeruk

Kandungan Vitamin C pada citrus juga berperan sebagai antioksidan yang mampu memperlambat penuaan pada mata. Lemon, Jeruk, dan Jeruk Bali adalah beberapa contoh jeruk yang memiliki kandungan Vitamin C terbanyak.


  1. Sayuran hijau

Sayur-sayuran seperti bayam, kale, dan sawi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Sebab sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan lutein and zeaxanthin yang banyak ditemukan pada retina. Salah satu manfaatnya adalah mencegah katarak.


  1. Wortel

Karena mengandung banyak Vitamin A, wortel dinilai dapat membantu menjaga kesehatan mata. Pasalnya, Vitamin merupakan salah satu komponen dari rhodopsin yang dapat membantu retina dalam menyerap cahaya.


  1. Daging

Zinc yang banyak terdapat pada daging dapat membantu menjaga kesehatan mata. Sebab zinc dapat memperlambat degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan akibat menurunnya fungsi makula (bagian kecil di tengah retina)

.

  1. Air

Selain baik untuk tubuh secara keseluruhan, air juga membantu menjaga kesehatan mata. Mencegah mata kering adalah salah satu manfaatnya untuk mata.


Beberapa makanan di atas dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata Sowbat. Namun makanan di atas tidak berfungsi sebagai obat setelah mata mengalami penyakit. Jika memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya konsultasikan dengan ahli.


Jika memerlukan produk kesehatan, Sowbat bisa mendapatkannya di GoApotik. Selain obat, terdapat juga vitamin dan produk lain untuk mendukung kesehatan Sowbat

.


Yuk #SehatBarengGoApotik