Ciri-ciri Mata Yang Sehat

Goapotik
Publish Date • 10/03/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Ciri-ciri Mata Yang Sehat

Sejak kecil, kita dinasehati untuk terus menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan sehat dan membatasi penggunaannya. Beberapa anjuran yang sering kita dengar adalah mengonsumsi wortel dan tidak menonton televisi dalam jangka waktu terlalu lama.


Beberapa penelitian memang membuktikan bahwa hal tersebut dapat menjaga kesehatan mata. Namun sebenarnya seperti apa mata yang sehat? Mata yang sehat adalah mata yang terhindar dari penyakit, infeksi, kelainan, dan memiliki fungsi normal.


Ciri-ciri mata yang sehat adalah:


  1. Penglihatan baik

Mata yang sehat tentunya dapat melakukan fungsinya yaitu melihat dengan baik. Salah satunya adalah dapat melihat dengan jelas baik itu jarak jauh, menengah, maupun dekat.


  1. Dapat membedakan warna

Warna adalah salah satu bentuk pantulan cahaya yang diterima oleh mata. Mata yang sehat dapat membedakan warna yang ditangkap seperti merah, biru, dah hijau. Dengan itu otak dapat menerima informasi mengenai warna dengan akurat.


  1. Reaksi pupil normal

Pupil adalah bagian dari mata di mana cahaya masuk dengan melewatinya. Pupil akan mengecil atau membesar menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Jika pupil bereaksi sesuai dengan fungsinya, itu adalah salah satu pertanda dari mata yang sehat.


  1. Warna sklera putih

Bagian yang mengelilingi pupil adalah Sklera, di mana normalnya memiliki warna putih. Jika Sklera berwarna lain seperti merah atau kuning, kemungkinan hal tersebut adalah salah satu tanda masalah kesehatan lain.


  1. Terlubrikasi dengan baik

Bagian tubuh manusia yang tampak mata umumnya terlindungi oleh sel-sel mati. Namun bola mata dikelilingi oleh sel-sel yang hidup yang bisa harus terjaga kelembabannya. Karena itu, mata yang terlubrikasi dengan baik menjadi salah satu ciri dari mata yang sehat.


  1. Sinkronisasi baik

Dalam menjalankan fungsi penglihatan, dua mata bergerak aktif dan tersinkronisasi untuk mendapatkan tangkapan cahaya yang diinginkan. Sinkronisasi yang baik dibutuhkan agar mendapatkan hasil penglihatan yang baik, di mana mata kanan dan kiri terkoordinasi dengan baik.


Itulah ciri-ciri mata yang sehat yang bisa Sowbat jadikan sebagai referensi. Jika Sowbat memiliki masalah pada mata, sebaiknya segera konsultasikan dengan ahli.


Dapatkan berbagai produk kesehatan di GoApotik. Yuk #SehatBarengGoApotik.