Jangan Sampai Lupa! Ini 5 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Goapotik
Publish Date • 04/11/2023
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Jangan Sampai Lupa! Ini 5 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan bagi umat muslim di Indonesia. Menjelang lebaran biasanya umat muslim yang tinggal di luar kampung halaman pulang ke tempat sanak keluarga mereka berada. Karena itu, mudik juga menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan orang-orang yang dicintai.


Mudik terkadang memerlukan perjalanan yang cukup panjang mengingat lokasi kampung halaman yang berbeda-beda jaraknya dan transportasi yang digunakan untuk mencapai lokasi kampung halaman. Karena itu, jika sowbat akan melakukan mudik, sebaiknya sowbat mempersiapkannya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan barang-barang yang wajib dibawa saat mudik.


Berikut beberapa barang yang wajib dibawa saat mudik:


1. Kartu Identitas

Sebagai penduduk yang baik, kita harus mematuhi peraturan yang berlaku di negara. Salah satunya adalah membawa kartu identitas dan surat izin mengemudi.


Saat mudik, kalian harus bawa KTP atau SIM. Kartu identitas ini diperlukan untuk keperluan-keperluan seperti validasi penumpang atau saat ada pemeriksaan.


Nomor 2: Tiket

Jika sowbat mudik menggunakan kendaraan umum, pastinya sowbat telah membeli tiket untuk menumpang kendaraan tersebut. Tiket tersebut berguna sebagai bukti bahwa sowbat telah membeli tiket dan digunakan ketika pemeriksaan sebelum masuk ke dalam kendaraan.


Walaupun sekarang cukup menunjukkan tiket digital, kita harus menyimpan dengan baik tiketnya agar   saat dicek, kita sudah siap dan tidak menghambat antrian.


Nomor 3: Uang Tunai

Walaupun kebanyakan tempat sudah menerima uang digital, uang tunai tetap diperlukan lho. Apalagi kalau kita ke warung makan yang belum menerima kartu atau e-wallet sebagai alat pembayaran.


Ada baiknya sebelum berangkat, sowbat menyiapkan uang tunai dari mulai pecahan terkecil hingga yang paling besar. Siapa tahu nantinya akan berguna di perjalanan.


Nomor 4: Obat-obatan Pribadi dan Vitamin

Pastinya kita nggak mau kan perjalanan kita terhambat karena masalah kesehatan. Makanya jangan sampai lupa obat-obatan dan vitamin. Jadi kesehatan tetap terjaga selama perjalanan.


Vitamin di sini bermanfaat sebagai suplemen tubuh sowbat. Sowbat cukup membawa vitamin yang diperlukan agar dalam perjalanan, kondisi tubuh sowbat tetap fit.


Sowbat bisa mendapatkan rekomendasi vitamin dan suplemen di sini!


Nomor 5: Power Bank dan Kabel Charger

Bete kan kalau lagi di perjalanan handphone kita mati? Supaya handphone tetap nyala, jangan lupa untuk bawa power bank dan kabel chargernya.


Pastikan juga power bank sowbat sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Jadi kalau suatu saat tidak ada sumber listrik untuk sowbat men-charge handphone, sowbat bisa memanfaatkan power bank di saat darurat.


Kalau menurut kalian, barang apalagi yang wajib dibawa saat mudik?